Pengertian atau definisi Perusahaan ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘ tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Tempat kedudukan dan letak suatu perusaahaan
tempat dan letak suatu perusahaan merupakan faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan .ketepatan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga,baik dalam kaitannya dengan kemudahan yang diberikan maupun dalam kaitannya dengan efisiensi biaya produksi.
tempat kedudukan perusahhan adalah kantor pusat perusahhan tersebut .tempat kedudukan perusahhan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lein,seperti lembaga pemerintahan ,keuangan.
tempat perusahhan adalah tempat perusahhan melakukan kegiatan fisik.letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan merupakan salah satufaktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan.
Jenis-jenis letk perusahaan:
- letak perusahaan yang terkait dengan alam,karena kemudahaan dan ketersediaan bahan baku.misalnya perusahaan timah,emas.
- letak perusahaan berdasarkan sejarah,perusahaan menjalankan aktivitasnnya didaerah tertentu karena alasan sejarah.misalnnya perusahhan batik
- letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah ,perusahaan yang letaknnya di atur pemerintah karna alasan keamanan,kesehatan dan lingkungan.misalnya peternak ayam.
- letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi ,pemilihan letak yang bersifat industri.
Perusahaan dan lembaga sosial
Tujuan pendirian perusahaan
tujuan dapat dibedakan menjadi 2:
- Tujuan Ekonomis:berkaitan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya ,dalam hal ini menciptakan iba ,menciptakan pelanggan dan menjalakan upaya-upaya pengembangan dengan memusatkan perhatiannya pada kebutuhan masyarakat dalam produk yang diinginkan
- Tujuan Sosial:perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor ,karyawan,penyedia faktor-faktor produksi ,maupun masyarakat luas.
perusahaan adalah suatu sistem ,yang mana sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang berinteraksi ,baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi secara langsung atau tidak langsung mempengarui peroses produksi serta distribusi barang atau jasa untuk mencapai tujuan tertentu.
Fungsi-fungsi perusahaan
dalam mencapai tujuannya dikenal 2 fungsi yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen.
yang terasuk dalam fungsi operasi adalah:
- Pembelian dan produksi
- Pemasaran
- Keuangan
- Personalia
- Akuntansi
- Administrasi
- Teknologi
- Transformasi dan komunikan
- Pelayanan umum
- Hukum/perundang-undangan Humas
yang termasuk fungsi manajemen:
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Penarahan
- Pengendalian
Ciri-ciri perusahaan
- Operatif yaitu dalam perusahaan dijumpai adanya aktivitas ekonomi yang berkenan dengan kegiatan produksi,penyedia ataupun pendistribusian barang dan jasa.
- Koordinatif yaitu diperlukan kordinasi semua bagian dalam kegiatannya.
- Reguler adalah upaya mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan yang dapat mendukung aktivitasnya agar dapat selalu bergerak maju.
- Dinamis yaitu lingkunganyang selalu berubah-ubah
- Formal yaitu untuk memenuhi keadaan ini perusahaan harus terdaftar di lembaga pemerintah secara resmi.
- Lokasi yaitu letakan perusahaan didirikan.
- Pelayanan bersyarat yaitu dalam menghasilkan barang dan jasa perusahaan terkait dengan tujuannya dan dalam rangka memenuuhi kebutuhan masyarakat dan bersedia konsumen membelinya.
Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan.
A. Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1.Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, yang mana memerlukan pengendalian jangka panjang dari manajemen puncak organisasi.
Ada dua lingkungan yang berpengaruh disini, yaitu lingkungan societal dan lingkungan kerja. Lingkungan societal meliputi tekanan-tekanan umum yang mempengaruhi secara luas, misalnya tekanan di bidang ekonomi, teknologi, politik, hukum, dan sosial budaya. Tekanan ini terutama sering berpengaruh pada keputusan jangka panjang organisasi. Sementara itu, lingkungan kerja memasukkan semua elemen yang relevan dan mempengaruhi organisasi secara langsung. Elemen-elemen tersebut dapat berupa pemerintah, kreditur, pemasok, karyawan, konsumen, pesaing, dan lainnya.
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Keadaan alam: SDA, lingkungan.
• Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
b. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
• Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
• Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
• Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
B. Faktor Lingkungan
- Lingkungan perekonomian yang erat berhubungan dengan pasar dimana diadakan penjualan dan pembelian barang dan jasa.
- Lingkungan seperti politik, pemerintah, hokum, dan militer yang mengatur kegiatan perusahaan.
- Keadaan social meliputi berbagai golongan penduduk dengan sikap kepercayaan, tingkah laku yang dicerminkan dalam lembaga social yang ada.
1.Tanah dan alam sekitar
Tanah dan sumber alam merupakan salah satu factor penting untuk kegiatan perusahaan.
2.Ilmu pengetahuan dan seni
Ilmu penegtahuan menunjukkan metode, manajemen kepada pimpinan dalam mengelola perusahaan. Penerapan ilmu pengetahuan dalam dunia perusahaan akan dapat membantu menggali ilmu pengetahuan lebih lanjut.
3.Pemerintah dan hukum
Aspek positif dari pemerintah akan dibutuhkan oleh perusahaan ialah perlindungan terhadap hak milik, pemeliharaan tata hukum, dan keamanan, serta penggunaan keuangan, tetapi pemerintah perlu mengadakan pembatasan dengan mengadakan pemungutan pajak dan tarif.
4.Uang, kredit, kapital
Uang kredit merupakan darah bagi kehidupan perusahaan. Apabila uang, kredit, dan kapital ini lambat akan menghambat jalannya perusahaan. Sebaliknya, jika jumlah yang terlampau banyak akan mengganggu perusahaan. Uang sebagai alat pembayaran, termasuk kredit didalamanya. Mengenai kapital perusahaan tidak akan dapat menjalanka fungsinya tanpa kapital.dana kapital ini dalam bentuk terkumpulnya uang atau kredit yang diinfestasikan dalam perusahaan.
5.Tersedianya tenaga kerja
Tenaga kerja dalam perusahaan pada umumnya bersatu dalam bentuk serikat kerja. Berhasilnya perusahaan tergantung pada tingkat ketrampilan, kesehatan, dan sikap dari tenaga kerja. Hal ini sangat tergantung pada system pendidika, standar hidup, dan inisiatif dari masyarakat.
6.Sikap konsumen
Usaha perusahaan untuk mengurangi resiko dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan sikap konsumen dan publik.
7.Kepercayaan dan agama
Mempengaruhi tingkah laku manusia serta etika masyarakat, hal ini mempengaruhi kebijaksanaan perusahaan yang diambil oleh manajer. Standar etika ini harus diikuti oleh perusahaan.
8.Hubungan internasional
Hunungan ini meliputi penyediaan sumber ekonomi, bahan perdagangan dan politik mungkin tidak terbatas pada bahan dasar, tetapi juga berupa tenaga kerja terdidik yang didatangkan dari luar negeri.
Sumber:http://google.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar