Selasa, 30 November 2010

Bisnis Internasional

Pengertian 
Bisnis internasional adalah semua transaksi bisnis, baik pemerintah maupun swasta, yang melibatkan dua negara atau lebih atau Perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional.

Mengapa kita perlu tertarik mempelajari bisnis ini? Jawaban sederhananya adalah bisnis ini meliputi bisnis skala besar maupun berkembang dari seluruh bidang usaha.
Hari ini, hampir semua perusahaan, besar atau kecil, akan terpengaruh oleh kegiatan dan kompetisi global, karena sebagian besar menjual keluar dan/atau investor yang aman dari luar negeri dan/atau bersaing dengan produk dan layanan yang berasal dari luar negeri.
Beberapa perusahaan yang terlibat dalam beberapa bentuk bisnis internasional melakukan kegiatan ekspor dan impor dalam transaksinya. 
penyebab menjalankan bisnis internasional lebih rumit :
1)      Negara-negara mempunyai ciri khas
2)      Masalah yang dihadapi lebih complex
3)      Bisnis Internasional harus mampu bekerja dengan berbagai kendala perdagangan dan investasi yang ditetapkan suatu pemerintah
4)      Transaksi internasional melibatkan perubahan mata uang
Implikasinya : segala hal antar batas harus dipertimbangkan dalam semua keputusan dan aktivitas yang dijalankan perusahaan multinasional. 
Sebutan perusahaan yang melakukan bisnis Internasional : 
      1.Perusahaan Multidomestik 
• Menjalankan bisnis melalui beberapa unit/perusahaan lokal di luar negeri
• Sebuah organisasi dengan cabang di banyak negara,merumuskan strategi bisnisnya sendiri berdasarkan perbedaan dasar yang dipaham.
2.    Perusahaan Global :
• Organisasi yang berupaya untuk membakukan dan memadukan operasi diseluruh dunia dalam semua bidang fungsional. 
Kekuatan lingkungan yang mempengaruhi organisasi :
a)      Kekuatan External : Kekuatan yang tak dapat dikontrol langsung oleh manajemen meskipun mempengaruhi perusahan secara langsung atau tidak langsung.
a.       Kompetitif      :  Jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan mereka
b.      Distributif       :  Agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
c.       Variabel Ekonomi : GNP, biaya buruh perunit dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
d.      SosioEkonomi : Karakteristik dan distribusi populasi manusia.
e.       Keuangan        : Variable seperti sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan.
f.       Legal               : Jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
g.      Fisik                : Unsur alam spt topografi, Iklim dan sumber alam.

 Kekuatan penggerak menuju Globalisasi :
  1. Politis              : Kecenderungan unifikasi dan sosialisasi masyarakat global. persetujuan perdagangan preferensial NAFTA, European Union, AFTA.
  2. Teknologi        : Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan komunikasi.
  3. Pasar                : Perusahaan global menjadi pelanggan global.
  4. Biaya               : Globalisasi lini produk dan produk membantu mengurangi biaya dan economies of scale.
  5. Persaingan       : Perusahaan mempertahankan pasar dalam negeri dari para pesaing asing dengan memasuki pasar pesaing luar negeri

Sumber http://google.co.id/
             http://wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar